Technopark SMK Negeri 5 Kota Tangsel – Bagen Production –

TECHNOPARK SMKN 5 TANGSEL – BAGEN PRODUCTION –

Menindaklanjuti Instruksi Presiden No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadikan Inpres tersebut sebagai momentum untuk meletakkan fundamental pendidikan kejuruan di Indonesia. Inpres tersebut juga telah memberikan penegasan akan pentingnya Sekolah Menengah Kejuruan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkarakter agar dapat mengisi ruang-ruang pembangunan dan mendorong percepatan kemajuan Indonesia. Melalui Revitalisasi SMK diharapkan dapat menciptakan generasi penduduk usia produktif yang memiliki kompetensi keterampilan atau keahlian siap pakai yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri. Dengan mencetak generasi yang unggul dan produktif nantinya diharapkan dapat memastikan tujuan pembangunan nasional yang berkelanjutan dapat tercapai.

Pembelajaran teaching factory adalah suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri, dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Implementasi Teaching Factory di SMK dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan kompetensi yang dihasilkan oleh sekolah. Pelaksanaan Teaching Factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan dari SMK. Teaching Factory juga harus melibatkan Pemda/Pemkot/provinsi maupun orang tua dan masyarakat dalam perencanaan, regulasi maupun implementasinya.

 

Berkaitan dengan ini semua, maka dengan ini SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan sesuai dengan slogan sebagai sekolah berbasis Entrepreneurship berkomitmen untuk melaksanakan Implementasi Program Revitasisasi SMK dengan mengimplementasikan Teaching Factory dengan membuat Bagen Production dimana siswa dan siswi  SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan  diharapakan menjadi tenant tenant maupun tenaga terampil sesuai dengan bidang keahliannya . bahkan sebagai jembatan untuk industri industri kreatif yang ada untuk membuat inovasi-inovasi terbaru serta melahirkan calon enterpreneur baru.

Dengan adanya Bagen Production sebagai Brand menjadikan SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan berkomintmen untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai lembaga pendidikan yang selalu memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dimana kompetensi keahlian disesuaikan dengan kebutuhan industri melalui program technopark ini

Please follow and like us:

Tinggalkan komentar