Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Oleh Bu Sri Yahyuni Dayati, M.MPd.

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah strategi yang dapat digunakan guru untuk mengetahui berbagai masalah yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas ini dapat membantu guru menjembatani jurang antara teori dan praktik. Guru dapat menguji keyakinan yang ada di dalam dirinya pada tindakan kelas yang dilaksanakannya.

Bu Sri Yahyuni Dayati, M.MPd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan aktif menyusun PTK,  salah satunya berjudul “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mapel PKn Melalui Model Pembelajaran Paikem Guna Ketercapaian Ketuntasan Kelas XI Desain 2 SMKN5 Kota Tangerang Selatan”. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM Index Card Match dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 22%. Metode ini juga dapat meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 31% menjadi 84% sehingga Model Pembelajaran PAIKEM disarankan untuk dapat diterapkan pada pengajaran materi PKn karena merupakan model pembelajaran aktif, inovatif kreatif, efektif dan menyenangkan.

Dalam PTK lain yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Tentang Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Dalam Mata Pelajaran PKn” memiliki tujuan menganalisis ketentuan UUD Negara RI Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan dalam mata pelajaran PKn khususnya kelas X DG 1 pada SMKN5 Kota Tangerang Selatan, sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah tentang wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa SMKN5 Kota Tangerang Selatan PTK BU SRI Y;PTK BU SRI Y 2 .

 

 

 

Tinggalkan Balasan