Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri

  • Latar Belakang

Dalam satu organisasi dan lembaga swasta atau pemerintah dibutuhkan adanya satu bagian / seksi yang berfungsi sebagai pemberi informasi kegiatan- kegiatan internal dan eksternal , semua proses kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan diinformasikan kepada yang memerlukan sebagai bagian dari tugas dan fungsinya melakukan interaksi,hubungan dan kerjasama dengan masyarakat maupun pihak dunia usaha dan industri serta bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik. Fungsi humas kerap dikaitkan  dengan memberikan informasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga masyarakat mengerti sehingga memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan kemajuan lembaga/ orgasisasi itu sendiri.

  • Tujuan Humas

Ada beberapa tujuan utama humas , diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan dukungan,bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga dan dana untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
  2. Menciptakan rasa tanggung jawab dari masyarakat akan keberlangsungan program secara efektif dan efisien.
  3. Melibatkan publik dalam beberapa masalah yang dihadapi oleh organisasi/lembaga
  4. Membuat dan mengembangkan pencitraan yang baik untuk organisasi/lembaga dan juga kepada para pimpinan /stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dan publik eksternal.
  5. Memperluas jaringan kerjasama dalam upaya peningkatan mutu organisasi itu sendiri.

 

  • Tugas Pokok dan Fungsi Humas

Tugas pokok humas adalah :

  1. Menciptakan kesan /Image

Kesan yang didapat seseorang tehadap lembaga/organisasi, atau produk sesuai dengan tingkat pengetahuan orang tersebut.

  1. Pengetahuan dan Pengertian

Humas sangat berperan dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal

Dengan menyediakan informasi yang akurat dan dalam format yang mudah dipahami

  1. Menciptakan ketertarikan ( Interest )

Humas juga harus mampu menciptakan ketertarikan publik terhadap sesuatu kegiatan/prduk yang dihasilkan yang berdampak besar terhadap kemajuan pada organisasi.

  1. Penerimaan Publik

Humas bertanggung jawab dalam memberikan penjelasan dan arahan kepada publik atas suatu kegiatan/produk yang dihasilkan serta harus mampu memberikan layanan informasi yang utuh kepada publik agar dapat menghindari kesalahan – kesalahan persepsi.

  1. Simpati

Humas harus bisa menyampaikan informasi secara jelas dan terukur kepada publik untuk meraih simpati publik internal dan eksternal. Adapun beberapa Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 5  Tangerang selatan Tahun pelajaran

Berita tentang kehumasan

%d blogger menyukai ini: