Kurikulum

  1. Penyusunan Program Kerja Kurikulum

Rapat Koordinasi Waka.Kur bersama staff untuk menyusun program kerja
Tujuan: Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu bid.Kurikulum
Indikator Ketercapaian: Tersusunnya program kerja Waka.Bid.Kurikulum SMKN 5 Tangerang Selatan TP.2020/2021

Pihak Terkait: Waka.Bid.Kur , Staff

Pelaksanaan: Juli 2020

  1. Penyusunan Peraturan Akademik

Rapat penyusunan peraturan Akademik SMKN 5 Tangerang Selatan
Tujuan: Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga SMKN 5 Tangerang Selatan
Indikator Ketercapaian: Tersusunnya Peraturan Akademik SMKN 5 Tangerang Selatan

Pihak Terkait: Waka.Bid.Kur Staff

Pelaksanaan: Juli 2020

  1. Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Ganjil TP 2020/2021

Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester ganjil TP 2020/2021
Tujuan: Untuk menyusun jadwal pelajaran semester ganjil TP 2020/2021
Indikator Ketercapaian: Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester ganjil TP 2020/2021

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, WKS 1, Kepala Program

Pelaksanaan: Juli 2020

  1. Pengembangan Kurikulum SMKN 5 Tangerang Selatan

Rapat evaluasi implementasi KTSP dan penyusunan draft KTSP oleh Tim Pengembang Kurikulum

  1. Workshop Review draft KTSP TP 2020/2021
  2. Penyelarasan Kurikulum dengan DU/DI
  3. Finalisasi Dokumen KTSP TP 2020/2021

Tujuan:

  1. Mengembangkan KTSP berdasarkan hasil evaluasi implementasi KTSP
  2. Menyelaraskan kurikulum dengan DU/DI dan revisi KTSP agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan DUDI
  3. Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan DUDI
  4. Mengesahkan dokumen KTSP yang telah direview oleh tim

Indikator Ketercapaian:

  1. Tersusunnya Draft Dokumen KTSP hasil usulan dari DU/DI dan perbaikan berdasarkan evaluasi
  2. Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku
  3. Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Industri
  4. Adanya Dokumen KTSP TP.2020/2021 yang telah ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten

Pihak Terkait: Tim Pengembang KTSP, Waka.Bid.Kurikulum dan Staff, Kepala Program, DU/DI

Pelaksanaan: Agustus 2020

  1. Pembagian Tugas Mengajar Guru

Kegiatan:

  1. Rapat penyususnan pembagian tugas mengajar guru Tahun Pelajaran 2020/2021
  2. Tujuan: Menyusun kalender pendidikan dan analisa waktu efektif
  3. Pembagian jam mengajar guru dan bimbingan konseling
  4. Pembuatan jadwal pelajaran,
  5. Pembagian wali kelas
  6. Pembagian jadwal piket
  7. Mengkoordinasikan Pembuatan perangkat KBM (Silabus, Program tahunan, Program semester, RPP/modul)
  8. Pembuatan jadwal Supervisi kunjungan kelas
  9. Pembuatan Administrasi Guru yang terdiri dari; daftar hadir siswa, daftar penilaian, agenda guru.
  10. Pembuatan Agenda Kelas
  11. Pembuat program Wali kelas

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya kalender pendidikan dan analisis waktu efektif
  2. Adanya pembagian jam mengajar guru
  3. Adanya jadwal diklat
  4. Adanya pembagian wali kelas
  5. Adanya jadwal piket guru
  6. Tersedianya perangkat KBM (Silabus,RPP, Program tahunan, Program semester)
  7. Adanya jadwal supervisi kunjungan kelas
  8. Adanya Administrasi guru, daftar penilaian dan daftar hadir siswa
  9. Adanya agenda kelas
  10. Adanya program Wali kelas.

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, Waka.Bid.Kurikulum, Kepala Program

Pelaksanaan: Agustus 2020

  1. Musyawarah Guru Mapel Produktif

Kegiatan: Workshop penyusunan RPP Merdeka Belajar (satu lembar) bagi guru mata pelajaran produktif
Tujuan: Mendorong guru mata pelajaran untuk mengembangkan materi dalam penyusunan RPP Terbaru melalui MGMP Mata Pelajaran produktif
Indikator Ketercapaian: Semua guru mata pelajaran produktif mampu menyusun RPP Terbaru HOTS yang tergabung dalam MGMP Sekolah

Pihak Terkait: Waka Bid. Kurikulum, Kepala Program, Ketua PLC

Pelaksanaan: September 2020

7. Program Link and Match Dengan DU/DI

Kegiatan:

  1. Pengembangan Teaching Factory
  2. Rapat Evaluasi Implementasi model pembelajaran Taching Factory
  3. Implementasi model pembelajaran teaching factory pada semua kompetnsi keahlian
  4. Pengembangan Kelas Industri
  5. Rapat evaluasi pelaksanaan kelas industry
  6. Implementasi kelas Industri

Tujuan:

  1. Untuk mengevaluasi pengembangan teaching factory dalam rangka peningkatan kualitas implementasi tefa
  2. Untuk mengevaluasi kegiatan kelas industri dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran berbasis industri

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut
  2. Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut

Pihak Terkait: Wakabid.Humas/Hubin, Waka Bid. Kur, Kepala Program

Pelaksanaan: September 2020

8.  Akreditasi sekolah

Kegiatan: 

  1. Membentuk tim akreditasi sekolah
  2. Sosialisai kegiatan akreditasi oleh pengawas SMK
  3. Pembagian tugas tim
  4. Membuat schedul kegiatan

Tujuan: Untuk melaksanakan pilot proyek akreditasi sekolah SMKN 5 Tangerang Selatan tahun 2020
Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya tim akreditasi sekolah
  2. Adanya pengetahuan dan pemahaman tentang akreditasi Sekolah oleh tim
  3. Terlaksananya akreditasi sekolah dengan nilai ”A”

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, Semua unsur Waka., Staff, Semua Unsur Kaprog., Kepala Perpustakaan

Pelaksanaan: Agustus 2020

9. Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran

Kegiatan: Supervisi  guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
Tujuan: Untuk mengetahui kualitasimplementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan
Indikator Ketercapaian: Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru

Pihak Terkait: Kepala Sekolah dan tim supervisi, Pelaksanaan: September s.d Oktober 2020

  1. Penguatan Program Literasi Sekolah

Kegiatan:

  1. Pengadaan Buku non teks pelajaran
  2. Pengadaan Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas
  3. Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literasi Sekolah SMK Negeri 5 Tangerang Selatan
  4. Tujuan: Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi
  5. Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pda setiap ruang belajar
  6. Untuk mnyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya buku non teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca
  2. Adanya almari / tempat buku pada setiap ruang belajar
  3. Adanya Program Kerja Tim Literasi

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, Waka.Bid.Kurikulum, Waka. Bud.Sapras, Kepala Perpustakaan, Tim GLS

Pelaksanaan: September 2020

  1. Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian)

Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajari peserta didik  melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, danatau tes lisan

Tujuan: Untuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu

Indikator Ketercapaian: Adanya dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harian

Pihak Terkait: Guru, peserta didik

Pelaksanaan: Juli 2020 s.d Mei 2021

  1. Kegiatan Penilaian Tengah Semester

Penilaian oleh sekolah terhadap kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah  8 s.d. 9 minggu efektif

Tujuan: Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif
Indikator Ketercapaian: Semua peserta didik melaksanakan penilaian akhir semester  yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, Waka.Bid.Kurikulum, Kepala Program, Peserta Didik

Pelaksanaan:

  1. Kegiatan Penilaian Kenaikan Kelas

Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester genap bagi kelas X dan XI untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester

Tujuan: Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat semester genap

Indikator Ketercapaian: Terlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas  yang berkualitas

Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester

Pihak Terkait: Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik

Pelaksanaan: Mei 2021

  1. Ujikom kelas X dan XI

Tujuan:

  1. Menyusun jadwal Ujikom
  2. Menyusun tim penguji
  3. Membuat instrumen Ujikom

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya jadwal ujian
  2. Adanya tim penguji
  3. Adanya dokumen Ujikom
  4. Adanya instrumen penilaian

Pihak Terkait: Waka.Bud.Kur., Kaprog, 

Pelaksanaan: Pebruari 2021

  1. Penyusunan Nominasi Peserta Ujian

Tujuan:

  1. Menyusun Nominasi Peserta Ujian
  2. Pengesahan Nominasi Peserta Ujian ke Diknas Provinsi

Indikator Ketercapaian: Adanya Nominasi Peserta Ujian yang benar dan akurat

Pihak Terkait: Kasubag TU, Koord. Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah

Pelaksanaan: Nop 2021

  1. Ujian Sekolah (US) kelas XII

Tujuan:

  1. Menyusun jadwal US
  2. Menyusun panitia US
  3. Menyusun tim pengawas
  4. Menyusun tim korektor/ penilai
  5. Menyusun tim pengadaan soal/ CBT
  6. Menyusun tim penjaga soal
  7. Membuat instrument US

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya jadual US
  2. Adanya panitia US
  3. Adanya tim pengawas
  4. Adanya tim korektor/ penilai
  5. Adanya tim pengadaan soal
  6. Adanya tim penjaga soal
  7. Adanya nstrument US baik format penilaian, daftar hadir peserta dan daftar hadir pengawas
  8. Adanya dokumen US

Pihak Terkait: Wakil Kepala Sekolah, Waka.Bid.Kurikulum, Panitia Pelaksana

Pelaksanaan: Maret 2021

  1. Ujian Praktek Mapel non produktif

Tujuan:

  1. Menyusun jadwal ujian praktek
  2. Menyusun guru penguji praktek
  3. Membuat instrumen penilaian praktek

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya jadwal Ujian Praktek
  2. Adanya Guru penguji
  3. Adanya dokumen ujian praktek

Pihak Terkait: Wakil Kepala Sekolah, Waka.Bud.Kur

Pelaksanaan: Maret 2021

  1. Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter bagi siswa kelas XI

Tujuan:

Indikator Ketercapaian:

Pihak Terkait: Wakil Kepala Sekolah, Waka.Bid.Kurikulum, Panitia Pelaksana

Pelaksanaan: April 2021

  1. UJIKOM bagi kelas XII

Tujuan:

  1. Menyusun jadwal
  2. Menyusun tim penguji
  3. Menetapkan paket soal Ujikom
  4. Membuat instrumen penilaian

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya jadwal
  2. Adanya tim penguji
  3. Adanya paket soal ujikom
  4. Adanya dokumen Ujikom

Pihak Terkait: Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, Waka.Bid.Kur.

Pelaksanaan: Maret 2021

  1. Rapat kelulusan siswa kelas XII

Tujuan: Melaksanakan rapat dewan guru dalam menentukan kelulusan siswa/ Rapat Pleno
Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya keputusan rapat sesuai dengan kriteria kelulusan siswa
  2. Adanya pengumunan kelulusan siswa kelas XII tepat waktu
  3. Adanya laporan kelulusan siswa kelas XII
  4. Adanya notulen rapat kelulusan/ Rapat Pleno
  5. Adanya Berita Acara

Pihak Terkait: Wakil Kepala Sekolah, Kaur Kurikulum, Dewan guru

Pelaksanaan: Mei  2020

  1. Pembagian dokumen kelulusan siswa kelas XII

Tujuan: Melaksanakan pembagian dokumen siswa kelas XII

Indikator Ketercapaian:

  1. Siswa mendapat dokumen STL dan SHUN, Transkrip dan raport
  2. Adanya Laporan Kelulusan

Pihak Terkait:

Pelaksanaan: Mei 2021

 

 

%d blogger menyukai ini: