Shalat Dhuha

20, September 2024

Apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha merupakan sunnah yang diyakini dapat memudahkan rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya. Shalat dhuha tidak bisa dikerjakan sembarang waktu, shalat dhuha dikerjakan pada saat matahari terbit sampai dengan sebelum waktu shalat zuhur. Shalat sunnah ini juga bermanfaat bagi umat muslim, contohnya seperti dibuatkan istana di surga, dijauhkan dari api neraka, dan diampuni dosanya. Shalat dhuha dianjurkan 2 rakaat, tetapi ada juga yang melakukan 4 rakaat hingga 12 rakaat. Selain manfaat kebahagiaan akhirat, ada juga manfaat di dunia contohnya hati menjadi tenang, mengurangi stress, mendekatkan diri kepada Allah Swt, memperlancar rezeki, dan membuat wajah berseri-seri. Berikut beberapa penjelasan manfaat shalat dhuha:

1) Menjanjikan Akan Tercukupi Kehidupannya :

Shalat dhuha ialah shalat permohonan pemberi rezeki, dan Allah Swt juga akan berjanji bagi hambanya yang rajin mengerjakannya akan mendapat imbalan akan mencukupi sebuah kebutuhan hambanya. Dan hal ini termasuk ke dalam hadits qudsi, yaitu isinya:Na’im bin Hammar berkata “Aku mendengar Rasullah berkata: Allah berfirman, Wahai Anak adam janganlah sekali-sekali engkau malas melakukan shalat empat rakaat pada pagi hari (shalat dhuha) karena akan mencukupi kebutuhanmu hingga sore hari.” (Hr. Abu Daud).

2) Shalat Dhuha Sebagai Amal Persiapan :

Shalat dhuha memiliki salah satu keutamaan yaitu shalat sunnah (dhuha) bisa menyempurnakan shalat wajib, shalat adalah salah satu amalan yang pertama kali akan ditanyakan di hari akhir. Dan shalat juga kunci semua amal kebaikan. Jika shalatnya baik maka baiklah amal ibadah yang lainnya. Mengapa shalat dhuha bisa dikatakan sebagai amal persediaan, karena shalat sunnah (dhuha) bisa menjadi amal cadangan yang nantinya dapat menyempurnakan kekurangan dari shalat fardhu.

3) Dijauhkan Dari Siksa Api Neraka :

Shalat dhuha menjadi salah satu cara kita untuk menghindari api neraka, Rasullulah bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat fajar, kemudian ia tetap duduk ditempat shalatnya sambal berdzikir hingga matahari terbit kemudia ia melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya allah swt akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya.” (Hr. Al-Baihaqi)

Maka dari itu mulailah dari sekarang rajin shalat dhuha untuk menabung pahala dan amal, kelak akan diberikan surga nanti.

Leave a Comment