Kegiatan Olahraga

Ketika dipagi hari/jam olahraga banyak murid SMKN 5 yang berolah raga hal tersebut sangat positif dan menyenangkan, dan banyak murid murid yang menonton temannya berolahraga. Seperti foto diatas itu adalah contoh dari olahraga bulutangkis/batminton yang sangat populer diindonesia dan sangat digemari oleh siswa/i SMKN 5.

Manfaat dari olaharaga adalah Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Kombinasi diet, olahraga dan tidur merupakan kunci yang penting untuk kesehatan total. Oleh karena itulah olahraga sangat digemari banyak orang. Dengan berolahraga rutin, secara tidak langsung tubuh juga akan memiliki kondisi yang lebih prima serta ideal dibandingkan sebelumnya. Pikiran jauh lebih tenang, dan diri menjadi jauh lebih produktif.

Mengapa kita harus berolaharaga? Presiden Barrack Obama dan istrinya Michelle, rutin fitnes 45 menit setiap hari, enam kali dalam seminggu. Bill Gates, pencipta dan pemilik Microsoft, orang terkaya di dunia, melakukan treadmill minimal satu jam setiap hari. Mereka tahu, olahraga itu penting dan banyak manfaatnya. Mereka tahu, puncak karier hanya bisa dicapai dengan tubuh dan pikiran yang sehat. 

Jika hal tersebut masih tidak bisa memotivasi Anda untuk berolahraga, dan membuat Anda bergerak segera. 

Anda yang kurang rutin berolahraga lebih berisiko mengalami masalah kesehatan berikut.

1. Selalu merasa lelah

Sering berjalan kaki atau latihan aerobik bisa meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular.Hal ini bisa melatih ketahanan tubuh sehingga tubuh lebih berenergi sepanjang hari dan tidak mudah lelah.Nah, ketika Anda kurang olahraga, tubuh tidak terlatih untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.Tubuh tidak terbiasa membakar banyak energi atau mengeluarkan energi tambahan. Akibatnya, sehari-hari tubuh relatif lebih lesu dan Anda mudah capek sekalipun hanya sedikit beraktivitas.

2. Badan pegal-pegal

Rasa sakit pada punggung belakang, lutut, dan bahu saat bangun di pagi hari bisa muncul akibat Anda kurang berolahraga. Olahraga membuat Anda menggerakan otot dan sendi. Jika dilakukan teratur, otot dan sendi akan lebih kuat dan kemampuan geraknya bertambah baik.Alhasil, tubuh menjadi lebih luwes, rileks, dan tidak mudah kaku.Akan tetapi, saat otot dan sendi tidak sering digunakan, perlahan serat-serat penyusun otot akan digantikan oleh lemak.Hal tersebut akan mengurangi massa dan kekuatan otot sehingga Anda rentan mengalami pegal-pegal, otot tegang, dan nyeri sendi.

3. Stres dan depresi

Jika akhir-akhir ini Anda selalu merasa stres, memikirkan banyak hal, dan cemas, ini mungkin tanda tubuh membutuhkan aktivitas fisik.Stres yang muncul akibat kurang olahraga berkaitan dengan aktivitas hormon endorfin.Olahraga meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh. Endorfin adalah hormon alami yang akan memberikan efek rasa senang dan tenang. Itulah mengapa setelah berolahraga selain meningkatkan kebugaran jasmani suasana hati pun menjadi lebih baik.

4. Berat badan naik

Mungkin Anda mengira dengan tidak berolahraga tubuh akan menyimpan energi agar tidak mudah lapar. Namun, hal yang terjadi justru sebaliknya, Anda selalu merasa lapar.Ketika kurang olahraga, tubuh Anda akan merasa lelah. Tubuh yang lelah menghasilkan lebih banyak hormon ghrelin, pengatur sensor lapar.Kondisi ini bisa membuat Anda makan lebih banyak sehingga lama-kelamaan berat badan naik. Dengan asupan makanan semakin banyak dan aktivitas fisik yang semakin berkurang, tidak heran banyak kalori berlebih yang menumpuk menjadi lemak. 

JANGAN LUPA BEROLAHRAGA DAN MENJAGA KESEHATAN TUBUH SEMUANYA!