Membawa Bekal Dari Rumah

Hal tersebut merupakan salah satu kebijakan di SMKN 5 hal tersebut dilakukan agar anak SMKN 5 menjadi anak yang lebih disiplin dan hal tersebut juga merupakan penerapa dari kurikulum merdeka yaitu p5 yang bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan” hal tersebut merupakan hal perlu ditiru oleh sekolah lain dikarenakan hal tersediri tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan dikarenakan tidak akan ada sampah plasik yang berhamburan dimana mana. P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan. Harapannya, dengan kesadaran dan tindakan konkret dari siswa dan siswi, lingkungan sekolah dan sekitarnya dapat terjaga dan terpelihara dengan baik. Tidak hanya sampah plastik namun juga sampah bambu dan sampah yang sulit terurai lainnya. Membawa bekal dari rumah juga lebih sehat dan tidak perlu khawatir apakah makanan tersebut bersih atau kotor, apakah makanan tersebut sehat atau tidak, jadi bawalah bekal mu sendiri. Dampak negatifnya juga ada loh contohnya kita menjadi lebih boros karena makanan bersih dan rendah kalori diluarn sana bisa dibilang cukup mahal dan tidak terjamin juga kebersihannya.

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan dan kualitas hidup manusia. Dengan mengurangi penggunaan plastik, menghemat energi, dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, siswa dan siswi dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga meningkatkan kualitas hidup siswa dan siswi melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti mengonsumsi makanan organik dan melakukan penghijauan.

Mengadopsi gaya hidup berkelanjutan termasuk dalam hal-hal berikut.

  1. Menyadari bahwa sumber daya alam terbatas, sehingga harus bijaksana dalam menggunakannya.
  2. Lebih berhati-hati saat membeli barang atau jasa dengan mempertimbangkan siklus hidupnya dan dampak lingkungan.
  3. Memposisikan diri sebagai bagian dari lingkungan, bukan entitas terpisah, dan tidak mengeksploitasi sumber daya alam semena-mena.

Salam sehat untuk kita semua.