SMKN 5 Tangsel menuju sekolah adiwiyata Nasional

19, September 2024

:Pada tahun 2022 SMK Negeri 5 memulai sekolah dengan kegiatan adiwiyata. Apa itu sekolah adiwiyata? Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan sekitar, hal ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran diri dan pengetahuan warga sekolah tentang pelestarian lingkungan yang ada di sekitar mereka. Dalam hal ini warga sekolah wajib peduli pada lingkungan sekitarnya, mulai dari staff, murid, dan guru. Sekolah adiwiyata wajib diikuti oleh seluruh penghuni sekolah SMK Negeri 5, dan saling memberitahu apabila ada yang kurang menyikapi kegiatan adiwiyata tersebut. Selain peduli dengan lingkungan sekitar, jangan lupa untuk peduli dengan sesama.

Dalam sekolah adiwiyata wajib dilakukan aksi peduli dengan lingkungan sekitar, seperti melakukan piket sesuai jadwal. Tak hanya itu tapi disarankan warga sekolah adiwiyata dengan tidak membawa plastik makanan atau plastik minuman. Hal ini diberlakukan demi menjaga lingkungan sekitar, karena sebuah sampah plastik butuh bertahun-tahun untuk terurai dan terjadi pencemaran lingkungan. Maka dengan itu lebih baik mencegah daripada terjadi, karena menjaga lingkungan sekitar membuat alam jauh lebih asri. Aksi yang dilakukan ini wajib dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 5 setiap harinya.

Sebagaimananya kita warga SMK Negeri 5 wajib melakukan aksi, maka ada alangkah baiknya jika kita budayakan hal-hal yang bermanfaat demi menjaga lingkungan sekolah. Kenapa dibudayakan? Karena dengan dibudidayakannya hal ini, dapat menumbuhkan jiwa peduli dengan lingkungan sekitar. Bukan hanya di sekolah tapi juga di lingkungan sekitar rumah, dengan begitu orang lain sekitarnya akan mulai mencontoh sikap menjaga lingkungan. Jika orang-orang makin banyak mencontohnya maka akan lebih bagus untuk ke depannya. Berikut ialah hal-hal yang wajib dibudayakan:

1) Buang Sampah Pada Tempatnya :

Pertama hal yang paling gampang adalah buang sampah pada tempatnya, karena sudah kewajiban membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya mendapatkan beberapa manfaat yaitu, menciptakan lingkungan sehat, tidak mengganggu orang lain, dapat membuat orang lain nyaman, menjaga kebersihan, dan mencegahnya terkena penyakit. Dan jangan lupa untuk memberi tahu sesama jika ada yang tidak ingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya juga bisa mengurangi global warming, karena tetap menjaga lingkungan bersih sama dengan menjaga bumi.

2) Membawa Tumbler :

Kedua, aksi yang dapat dilakukan adalah membawa tumbler yaitu tempat minum berbahan stainless steel. Selain tumbler, bisa juga membawa botol minum lain, yang penting berbahan keras dan dapat dipakai dalam waktu jangka panjang. Jangan hanya membawa tumbler tapi juga membawa tempat makan yang berbahan plastik keras dan dapat digunakan bertahun-tahun. Kenapa hal ini dilakukan? Karena dengan membawa tempat bekal dan botol minum sendiri dapat mengurangi sampah plastik. Mengurangi maksudnya ialah tempat makan/minum yang dapat digunakan berkali-kali, daripada plastik sekali pakai.

3) Matikan dan Gunakan Listrik Dengan Bijak :

Ketiga, sebagai anak adiwiyata kita juga harus menghemat listrik demi menjaga lingkungan sekitar karena menggunakan listrik berlebihan juga tidak baik. Jika listrik dinyalakan terus menerus dapat menyebabkan dampak yang buruk, contohnya pemanasan global. Hal ini terjadi karena listrik yang dipakai terus menerus dan berlebihan menghasilkan emisi karbon, karena sebagian besar listrik dihasilkan dari batubara yang akan habis perlahan jika digunakan secara berlebihan. Selain itu, listrik yang digunakan dalam jangka panjang tanpa dimatikan akan menyebabkan biaya listrik membengkak. Jadi sebaiknya kita matikan listrik sesudah digunakan sesuai kebutuhan kita sehari-hari.

4) Menggunakan Air Seperlunya :

Keempat, yang dapat dilakukan adalah menggunakan air seperlunya, kenapa kita perlu menjaga air? Karena kita tidak tahu kapan air akan habis, jadi lebih baik menjaga daripada memboros. Kita juga harus mensyukuri air karena banyak sekali orang diluar sana yang kesusahan air, pakailah air sebaik-baiknya supaya kita dapat manfaatnya. Saat menggunakan air, jangan lupa matikan keran atau air yang mengalir untuk menghemat air. Selain menghemat air, kita juga harus menjaga kejernihan air agar lingkungan selalu sehat dan asri. Dan cobalah untuk jangan membuang-buang air, tetap hemat walau masih banyak SDA di sekitar.

Jadi sebagai sekolah adiwiyata kita harus bisa mulai menjaga lingkungan sekolah, terus menerus ke lingkungan rumah. Sifat-sifat yang kita keluarkan bisa dicontoh orang, dan lama-kelamaan akan banyak orang yang peduli terhadap lingkungan. Karena menjaga lingkungan akan sangat bermanfaat bagi masa depan bumi, dan populasi manusia. Jika ada yang terlupa tolong ingatkan orang itu, karena menjaga bumi harus dimulai dari kerja sama yang baik sesama manusia. Marilah kita jaga lingkungan bersama demi meneruskan sekolah adiwiyata.

Leave a Comment