Kegiatan P5 Memasak

Kegiatan p5 di SMKN 5 tidak hanya mengenai kewirausahaan nabun banyak hal contohnya adalah memasak, siswa/i diminta untuk membuat kelompok untuk membuat makanan dengan jenis yang sudah ditentukan lalu mereka akan melakukan praktek membuat makanan tersebut disekolah untuk tempat melakukan praktek tersebut adalah lab farmasi, memuatkan tema projek profil pelajar pancasila yaitu ” Gaya Hidup Berkelanjutan “ dapat membuat siswa/i meningkatkan keterampilan dan kreativitas, Memasak adalah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Menurut The Big Switch, memasak bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan mencoba hal-hal baru di dapur. Setiap resep baru yang kita coba adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Tujuan kenapa adanya kegiataan memasak dalam p5 adalah :

Mengajarkan Keterampilan Hidup
Belajar memasak juga memberikan keterampilan hidup yang berharga. Menurut The Big Switch, memasak mengajarkan kita tentang perencanaan, organisasi, dan manajemen waktu. Keterampilan ini sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan, dalam hubungan sosial.

Menemukan Hobi Baru Banyak orang menemukan bahwa memasak adalah hobi yang menyenangkan dan memuaskan. Menurut Kansas Living, memasak bisa menjadi cara untuk menghabiskan waktu luang dengan cara yang produktif. Kita bisa bereksperimen dengan resep baru, menciptakan hidangan favorit, atau bahkan mencoba masakan dari berbagai budaya.
Memberi Dampak Positif pada Lingkungan Memasak di rumah bisa membantu mengurangi penggunaan plastik. Saat kita membeli bahan makanan segar dan memasaknya sendiri, kita bisa mengurangi ketergantungan pada makanan yang dikemas dalam plastik.Memasak sendiri juga artinya membuat kita memiliki kontrol pada bahan makanan yang diolah. Jadi, kita bisa mengurangi penumpukan sampah makanan.

Praktek tersebut sangat menarik dan bahkan disenangi oleh beberapa murid SMKN 5.