Maulid Nabi SMKN 5

Maulid Nabi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pada tanggal12 Rabiul Awal tiap tahunnya dalam penanggalan Hijriah. SMKN 5 TANGSEL merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada hari ini tepatnya Tanggal 27/09/2024. Maulid nabi ini disambut gembira dan baik oleh siswa/i smkn 5. Bulan maulid nabi merupakan bulan penuh gembira dan suka hati.

bahwa Allah swt memberkati dan mengagungkan hari dan tanah kelahiran para nabi. Apalagi hari kelahiran Rasulullah saw. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita sebagai umat Rasulullah memuliakan hari kelahirannya.  Hal ini berdasar pada kisahkan dalam sebuah hadits yang dinukil oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari jilid VII bahwa ketika dalam perjalanan Mi’raj, Rasulullah saw diperintahkan Jibril shalat dua rekaat di Bethlehem. Setelah Rasulullah saw. selesai shalat, Jibril lalu bertanya “apakah kamu tahu di mana kamu shalat saat itu? Rasulullah saw menjawab “tidak” dan jibril berkata lagi “kamu shalat di Bethlehem tempat kelahiran Nabi Isa”. Demikian potongan hadits tersebut:

…ثم قال لي انزل فصل فنزلت وصليت فقال لي اتدري اين صليت ؟ فقلت لا، قال صليت في بيت لحم بناحية بيت المقدس، حيث ولد عيسى بن مريم عليه السلام ثم ركبت فمضينا

Hadits di atas membuktikan betapa Allah dan Rasul-Nya menghormati tanah kelahiran Nabi Isa as sebagai Nabi Allah swt. Sekaligus juga menunjukan kesadaran beliau akan arti sebuah sejarah bagi kehidupan umat manusia. 

Sumber: https://islam.nu.or.id/ubudiyah/10-alasan-pentingnya-memperingati-maulid-nabi-1-z8rAG

Jadi, ayo kita ramaikan Maulid Nabi ini dengan hati yang gembira dan suka cita.

Maulid Nabi diiringin dengan pembacaan al-Qur’an, shalawat serta salam kepada Nabi utusan Allah SWT.